Senin, 18 Juni 2012

Bagian-bagian VGA


PCB (Printed Circuit Board)
Pada vidio card, warna dasar yang digunakan beragam. Mulai dari warna merah, hijau dan kuning keemasan.
Ada dua form factor yang digunakan. Kebanyakan berukuran standar dengan ketinggian sekitar 99 mm (tinggi bracket sekitar 127 mm) dan lebar yang bervariasi. Ukuran yang lebih mungil, dengan ketinggian setengahnya, dikenal dengan form factor low-profile. Vidio card semacam ini digunakan seperti pada mini PC. Sesekali ditemukan beroprasi dengan sebuah riser card.



GPU/VPU
Inilah inti dari vidio card. Sebuah IC (integrated circut), tugasnya seperti CPU pada sebuah mother- board. Ia yang menangani proses 2D dan 3D. Biasanya tertutup oleh heatsink dan fan.



Memory
Untuk membedakan dengan RAM/ memory yang terinstalasi pada motherboard, lebih spesifik disebut sebagai vidio RAM. Kesamaan antara RAM dengan vidio RAM cukup banyak.
Namun pada praktiknya, RAM vidio card terutama seri-seri high-end, sering mengguanakan chip memory yang lebih cepat ketimbang RAM motherboard.



Bus Interface
Untuk sekarang, pilihanya hanya ada dua macam interface. Yaitu, AGP (Acce- lerated Graphics Port) dan PCI Express. Sebelumnya sempat digunakan slot ISA dan PCI untuk vidio card ini.


Cooling System
Sempat memiliki sebuah vidio card yang sama sekali tidak mengguanakan fan pendingin, atau bahkan tanpa heatsink? Untuk GPU terkini, sebuah hal yang hampir tidak mungkin. Dengan clock yang demikian cepat, panas selama beroprasi dapat mencapai suhu yang cukup tinggi. Sebagai informasi, suhu pada heatsink pasif (tanpa fan) sebuah vidio card GeForce FX5200 dapat mencapai kisaran 60 derajat C. Dapat dibaayangkan panas yang dapat dihasilkan sebuah vidio card kelas high-end.



Display Interface
Kebanyakan vidio card menawarkan tiga jenis port interface: DVI, VGA dan TV-Out. Dan yang lain, hanya merupakan kombinasi minor dari tiga port tersebut.
Ada yang menawarkan dual DVI, untuk dapat mengahsilkan dua tampilan pada display digital. Ada yang menyertakan fasilitas dukungan output HDTV (high-definition TV), atau VIVO (vidio input vidio output). Dua yang disebut terakir, biasanya dengan menyertakan fungsi tambahan tersebut pada port vidio.





Dikutip dari Widya scool



Tidak ada komentar:

Posting Komentar